Seorang meninggal karena puting beliung Jember

ika (25) masyarakat kecamatan sumbersari, kabupaten jember, jawa timur, meninggal dunia juga delapan pihak yang lainmenderita luka akibat puting beliung yang menyerang daerah itu, jumat petang (29/03/13).

sebanyak sembilan pihak yang menjadi korban angin puting beliung dengan rincian benar meninggal dunia, dua pihak luka berat juga enam pihak luka ringan, papar kepala jenis rehabilitasi dan rekonstruksi badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) jember, sulchan, sabtu.

ratusan rumah di tiga kecamatan yaitu kecamatan kaliwates, patrang, dan sumbersari rusak akibat hujan deras dan disertai angin puting beliung pada jumat (29/3) sore, bahkan ada rumah masyarakat ambruk dan belasan pohon tumbang dalam sejumlah ruas jalan protokol sampai menyebabkan aliran listrik padam pada kawasan kota.

menurut dia, korban yang mengalami luka-luka sebab tertimpa reruntuhan bangunan dan ambruk dan ada penduduk terjebak di pada rumah mereka saat terjadi hujan deras yang disertai angin puting beliung.

Baca: jam tangan murah - Harga honda - jual sepatu futsal

ada korban puting beliung sekeluarga dan malah ketemu pada selama saat rumah mereka ambruk, namun semua mampu selamat sebab ditolong dengan tetangga, ujarnya.

korban ika yang meninggal dunia tertimpa reruntuhan tembok serta tidak sempat lari menyelamatkan diri saat berada pada website pembuatan roti di jalan sultan agung v, kelurahan kepatihan, kecamatan kaliwates.

sejumlah masyarakat yang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan properti mereka segera dilarikan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat serta rumah sakit daerah (rsd) dr soebandi jember, tapi korban ika meninggal ketika di perjalanan menuju rumah sakit.

hasil pendataan bpbd jember hingga sabtu sore tercatat bangunan yang rusak akibat angin puting beliung mencapai 539 unit, melalui perincian properti rusak berat sebanyak 20 unit, rumah rusak tengah sebanyak 159 unit dan rusak ringan 360 unit rumah.

salah benar korban yang rumahnya ambruk, sodik, mengaku belum membeli santunan dibandingkan pemerintah kabupaten setempat.

kami dengan bergotong royong meningkatkan rumah dan rusak akibat angin puting beliung, namun bantuan agar perbaikan properti dibandingkan pemkab setempat belum banyak, tuturnya.

ia menyatakan sederat warga masih trauma dengan kejadian dan mendorong rumah rusak dan pohon tumbang pada kawasan setempat karena bencana angin puting beliung belum pernah menerjang kawasan setempat pada pilihan tahun