Kasal pimpin upacara puncak Hardikal di Surabaya

kepala staf angkatan laut (kasal) laksamana tni marsetio memimpin upacara puncak hari pendidikan tni angkatan laut (hardikal) ke-67 selama lapangan laut maluku, kesatrian bumimoro, kobangdikal, surabaya, senin.

hadir pada aktifitas tersebut sejumlah petinggi tni serta polri, diantara lain asisten perencanaan ksal laksda tni ade supandi, gubernur aal laksda tni ign ary atmadja, komandan seskoal laksda tni da mamahit, pangarmatim laksda agung pramono, pangdam v brawijaya mayjen tni ediwan prabowo, juga kapolda jatim irjen pol hadiatmoko, dan sederat pejabat sipil.

upacara peringatan hardikal menggandeng enam batalyon ataupun lebih daripada 1.600 personel tni al daripada sejumlah zat kesatuan juga dimeriahkan defile dan atraksi ketangkasan beladiri militer juga semapore oleh 600 siswa komando pengembangan serta studi angkatan laut (kobangdikal).

hardikal merupakan peringatan dari berdirinya sekolah angkatan laut (sal) dan diresmikan presiden soekarno dalam 12 mei 1946, dan adalah cikal bakal adanya lembaga studi di tni angkatan laut.

Informasi Lainnya:

saat ini, tni al memiliki tiga komando utama fungsional studi, yaitu akademi angkatan laut (aal) serta kobangdikal (keduanya berlokasi pada bumimoro, surabaya), dan sekolah staf dan komando angkatan laut (seskoal) yang berada pada jakarta.

dalam amanatnya, laksamana marsetio menungkapkan sejak berdiri 67 tahun silam hingga kini, lembaga studi tni al selalu melakukan pengembangan juga modernisasi sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman selama menghasilkan sdm prajurit dan berkualitas.

tantangan tni al ke depan kian berat juga komplek makanya lembaga studi dijadikan kawah candradimuka mesti dapat memperbaiki kualitas serta profesionalisme untuk menghasilkan sdm dan mampu mendukung tugas pokok tni al, tutur ksal.

peringatan hardikal tahun ini dan dimeriahkan sejumlah model, antara lain pertandingan olahraga, bakti sosial donor darah serta pengobatan massal, dan lomba triathlon tingkat nasional supaya militer/polri juga umum.