Cilacap diguyur hujan lebat disertai angin kencang

sejumlah wilayah selama kabupaten cilacap, jawa tengah, selasa malam, diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

dari pantauan antara dalam desa kalikudi, kecamatan adipala, cilacap, hujan mulai mengguyur wilayah ini dari pukul 20.45 wib.

selang pilihan menit lalu, angin mulai bertiup dengan kencang dan didampingi petir.

bahkan, pemadaman listrik pun terjadi pada desa ini sejak jam 21.00 wib.

akibatnya, kaum pedagang yang biasa jualan selama malam hari segera mengemas dagangannya.

Informasi Lainnya:

demikian pula dengan pedagang tiban dan memasarkan pada sekitar rumah masyarakat yang tengah hajatan.

salah betul pedagang mi ayam, kasdi menyatakan langsung menutup warungnya ketika listrik padam.

selain karena gelap, anginnya bertiup dengan kencang dari arah barat daya dan selatan. malahan, petir pun berkilatan, makanya saya pilih menutup warung daripada berisiko, ujarnya.

saat dihubungi dengan saluran telepon, prakirawan iklim stasiun meteorologi cilacap, teguh wardoyo memprakirakan hujan lebat yang disertai angin kencang ini terjadi akibat pengaruh daerah pusat tekanan rendah yang semula berada selama samudra hindia barat daya sumatra.

daerah pusat tekanan rendah tersebut, kata dia, bergerak mendekati pulau jawa atau berada pada samudra hindia barat daya jawa.

kendati itulah, dia belum dapat memastikan apakah daerah pusat tekanan rendah itu menguat serta berpotensi menjadi badai.

tadi sore, saya lihat dari hasil pencitraan satelit, tekanan udara dalam pusat `low pressure` (daerah pusat tekanan rendah, red.) itu masih 1.002 milibar, katanya.

ia menyampaikan kemungkinan hujan yang didampingi angin kencang ini hanya terjadi dalam wilayah pesisir selatan cilacap.

kemungkinan di cilacap bagian utara tidak terjadi hujan lebat karena sampai ketika ini (pukul 22.00 wib, red.) belum ada peringatan dini hujan lebat dari alat yang dipasang di karangpucung, katanya.

sementara itu, kepala pelaksana harian badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) cilacap wasi ariyadi menungkapkan, pihaknya belum melayani laporan mengenai kemungkinan adanya bencana dan timbulkan hujan didampingi angin kencang ini.

semoga kondisinya tetap tidak berbahaya. namun kami imbau warga tetap tenang juga berhati-hati, katanya.

informasi dan dihimpun antara, hujan lebat disertai angin kencang ini tak hanya melanda kecamatan adipala, akan tetapi juga kroya, cilacap sedang, cilacap selatan, serta wilayah yang lain selama pesisir selatan cilacap.