Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing dan berasal daripada sederat negara selama wilayah asean adalah pasar potensial dan mampu dijalani lebih serius oleh para pelaku pariwisata di diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, angka wisatawan daripada negara-negara asean khususnya singapura, malaysia dan thailand terus mengalami peningkatan yang menggembirakan, papar ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna di yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya kasus wisatawan asing daripada asean dan berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi dengan sederat aspek semisal jarak yang tak terlalu jauh dan transportasi dan semakin tidak susah.

upaya agar meningkatkan kunjungan wisatawan asing terlebih daripada asean akan dilaksanakan melalui upaya promosi, salah satunya dan paling gampat ditempuh adalah jogja travel mart 2013 yang akan digelar pada 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin mengatakan, pada kegiatan beriklan pariwisata itu, setidaknya akan dihadiri dengan 130 buyers daripada sejumlah negara seperti pelaku wisata pada malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia serta india.

selain dihadiri pelaku wisata dari luar negeri, aktifitas tersebut juga akan dihadiri dengan sekitar 55 buyers domestik dan serta baru merupakan pasar potensial bagi pelaku wisata dalam diy.

kami ingin mengajak para pelaku wisata itu mengunjungi sejumlah web tujuan wisata dan ada selama yogyakarta dan sekitarnya untuk lebih memberitahukan tujuan-tujuan wisata tersebut pada wisatawan asing, katanya.

sejumlah objek wisata wisata dan akan dinikmati selama antaranya lava tour merapi mencari jeep, juga sederat wisata budaya yang sudah merupakan ikon yogyakarta semisal malioboro, keraton yogyakarta serta juga candi borobudur.

berdasarkan data dari dinas pariwisata diy di 2012, wisatawan yang berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta orang, juga 190.000 dalam antaranya merupakan wisatawan asing. persentasi wisatawan asing tersebut mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling ada berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura serta australia.

kami harapkan, dengan jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan dari negara-negara asean mampu selalu meningkat. apalagi, akan banyak wisata minat khusus dan menantang, semisal arung jeram di sungai progo, panjat tebing pada pantai siung, jelajah goa serta lainnya, kata kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.