RI-Bangladesh bahas pengungsi Rohingnya

menteri luar negeri ri, marty natalegawa, menggelar pertemuan bilateral melalui menteri luar negeri bangladesh, dipu moni, untuk mendiskusikan pengungsi masyarakat etnis rohingnya, myanmar.

kami duduk bersama agar mendiskusikan apa untuk perihal pengungsi rohingnya ini--bekerjasama melalui myanmar--bisa diatasi melalui menarik, tutur marty di sela-sela pelaksanaan konferensi tingkat menteri regional bali process dalam nusa dua, bali, selasa.

kata dia, selain mendiskusikan hubungan bilateral kedua negara serta kerja sama pada konteks bali process, terkait pengungsi rohingnya juga merupakan salah Salah satu topik bahasan pada pertemuan dan berlangsung sekitar 15 menit tersebut.

bangladesh, menurut perwakilan tetap indonesia di pbb tahun 2007-2009 itu, dinilai dijadikan penerima terbesar persentasi warga muslim dan menjadi korban tragedi kemanusiaan pada negeri bekas junta militer tersebut.

Lainnya: Obat Pelangsing - Obat Pelangsing perut - Obat Pelangsing

marty mencatat kiranya telah ratusan ribu warga etnis rohingnya dan sudah mengungsi ke negara dan beribu kota dhaka tersebut.

sebagai negara paling besar dalam asia tenggara sekaligus jumlah populasi penduduk muslim paling besar dalam dunia, bangladesh menginginkan adanya pembicaraan mendalam dengan indonesia tenntang isu rohingya.

melalui pertemuan bilateral tersebut, negara dan langsung berbatasan dengan pengunungan himalaya tersebut menginginkan supaya kedua negara dapat mencegah supaya masalah kemanusiaan itu tak kian rumit.

masalahnya bagaimana bisa mencegah untuk masalah tersebut tidak tambah rumit, ujar diplomat daripada bandung, jawa barat itu.

belum diketahui berapa jumlah pengungsi yang melarikan diri daripada rohingya, myanmar, ke indonesia setelah terjadi konflik berkepanjangan dan sampai saat ini dinilai belum kondusif sepenuhnya.

selain berhadapan melalui bangladesh, marty natalegawa dan mengadakan pertemuan bilateral melalui delegasi pbb bidang pengungsian atau unhcr dan dipimpin dengan asisten komisioner unhcr, erika feller.

marty menambahkan kiranya badan pbb tersebut mengapresiasi kontribusi indonesia di bali process dan merupakan negara yang berkontribusi pada penyelesaian konflik pada myanmar.

mereka mengapresiasi atas apa dan sudah kita kontribusikan di `bali process` termasuk kontribusi kita pada penyelesaian masalah myanmar, papar dia.