Raja Abdullah berhentikan Wakil Menteri Pertahanan Saudi

raja arab saudi abdullah memberhentikan wakil menteri pertahanan pangeran khaled bin sultan.

reuters yang mengutip media pemerintah mengemukakan cara tersebut merupakan aksi terbaru pada perombakan pada kalangan pangeran yang memegang jabatan pemerintah.

pergantian dari jabatan-jabatan penting selama kalangan pangeran diawasi melalui cermat karena aksi tersebut menunjukkan kemungkinan perubahan pada berubahnya garis suksesi pada kerajaan tersebut.

pangeran khaled merupakan panglima angkatan bersenjata arab saudi di perang teluk tahun 1991 tetapi tak diberi jabatan menteri pertahanan tahun 2001 sesudah ayahnya putra mahkota sultan dan memegang jabatan tersebut di lima dasa warsa meninggal.

Informasi Lainnya:

ia digantikan oleh dengan pangeran fahd bin abdullah bin mohammed bin abdulrahman, tutur kantor berita saudi press agency (spa) mengutip Salah satu keputusan raja. pangeran fahd adalah mantan kepala staf angkatan laut arab saudi.

spa tidak menyerahkan alasan bagi penggantian itu.

menteri pertahanan adalah putra mahkota salman, pengganti yang ditunjuk raja abdullah. ia mengawasi pemesanan senjata miliaran dolar as dan memperkuat aliansi-aliansi arab saudi dengan melalui negara-negara barat.

tidak seperti halnya pada monarki-monarki eropa, suksesi keluarga yang berkuasa arab saudi tak berasal dari ayah ke putra tertua akan tetapi dalam kalangan saudara dari pendiri kerajaan tersebut, juga didasarkan selama senioritas, pengalaman,mental serta kedudukan di keluarga tersebut.

tidak detail siapa dan mau berkuasa sesudah raja abdullah juga putra mahkota salman, akan tetapi pengganti mereka diperkirakan merupakan pangeran mugrin, termuda daripada saudara-saudara tersebut karena ia telah diangkat merupakan deputi kedua perdana menteri awal tahun ini.